Dunia Kedokteran Dan Pengobatan Pada Masa Awal

Sebelum bicara lebih dalam sebelumnya kita akan flashback lebih dulu pada sejarah dan bicara literatur yang ada, dan akan belajar dan membicarakan tentang bagaimana upaya orang dahulu untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit pada manusia. Hal itu sudah menjadi naluri dan menjadi hal penting yang dilakukan manusia waktu itu. Berbagai cara dilakukan demi kesembuhan; mulai dari menggunakan tanamanan, binatang dan mineral, hingga mengamputasi bagian yang sakit karena infeksi, selain itu juga ada pembacaan do’a atao mantra bahkan ada juga memuja roh atau dewa tertentu.

Banyak negara memberi pelayananan kesehatan dan medis yang mengeluarkan anggaran yang cukup banyak dibandingkan industri lainya. Sedangkan sekarang yang dialakukan oleh dunia barat kini berkembang pesat, melibatkan tenaga sepesialis, perlengkapan gedung, dan menegerial yang apik.

Sebagian juga ada yang berpendapat mengenai apa yang ___seharusnya disebut sebagai pengobatan. Menurut dunia barat, cara utama, setidaknya menurut teori, adalah melakukan pencegahan, yaitu melakukan perilaku hidup sehat, berolahraga dan menghindari kecelakaan dari penyakit__misalnya dengan injeksi imunisasi.

Apabila seorang jatuh sakit, dokter akan melakukan diagnosis penyakit, untuk mencari sebuah solusi guna menyembuhkan penyakit dengan cara mengobati dan diberlakukan sedemikian rupa. Akan tetapi ada sudut pandang yang masih perlu dipertanyakan dan ada perbedaan tentang bagaimana ilmu kedokteran, dan ada pula yang diterima apa bila dipandang dari segi penelitian, eksperimen dan biaya.

Dinegara-negara maju, ada sebuah harapan orang untuk sehat cukup tinggi. Mereka memandang sakit suatu hal yang luar biasa, mereka ada yang berpendapat bahwa; Orang yang sakit seharusnya dapat segera disembuhkan oleh pelayanan kesehatan yang sudah maju itu. Sedangkan dibeberapa belahan dunia, seperti di filipina ada yag terkena infeksi, dan sakit, itu merupakan bagian hidup mereka bahkan impian sehat seakan mustahil terwujud. Sejalan dengan waktu, harapan orang sehat juga meningkat. Ada juga yang hidup di dunia salah satunya di negara maju mereka berharap dapat hidup berumur lama dan lebih sehat.

***

naural NHC Center  Hubungi  : 081 390 510 199 – 082335085688

 

Banyak asal usul pengobatan yang hilang ditelan zaman akan tetapi banyak juga bukti-bukti arkeologi yang ditemukan yaitu banyak orang yang hidup dizaman batu yang sudah mengamalkan dan menggunakan tumbuhan sebagai obat atau penawar untuk keperluan mereka dalam menjaga kesehatanya, meyembuhkan retak tulang dan patah tulang. Selin itu juga ada yang mengamalkan pengobatan yang sangat rumit, yakni dengan mengunakan ruh dan sihir.

Ada beberapa cabang ilmu pengobatan yang dilakuan oleh orang Mesir kuno (2000 SM), Tabib Menggunakan kaidah; obat-obatan, salep, dan ramuan dari tumbuhan tertentu; para ahli menggunakan bahan alam dan melakukan penyembuhan pada luka bekas pembedahan pada luka dipermukaan. Akan tetapi mereka enggan dan jarang membedah pada organ tubuh dalam. Sedangkan para tukang sihir juga mengurangi sihir dan roh jahat menggunakan tenaga gaib dan ilmu tertentu.

Ada beberapa bukti dari beberapa referensi atau literatur yang ada, salah satunya di Mesir yang menggambarkan sebuah tumbuhan sebagai penyembuhan penyakit, tumbuhan yang tergambar adalah seperti kacang-kacangan, daun bawang , daun ara, daun kurma dan lain sebagainya. Sedangkan dari sumber hewani adalah lemak kuda nil hingga kotoran kerbau.

Beberapa tokoh kedokteran yang mengembangkan pembedahan salah satunya adalah Imhotep (2686-2613), salahsatunya dilakukan oleh orang Sumeria, Amorit, Babilonia dan Asria, mereka mengembangkan dengan sendirinya, salahsatunya dengan membalut luka pada luka pada permukaan tertentu dan mengunakan berbagai tumbuhan yang masih ada fosilnya, berjumlah ratusan.

Dalam Arkeologi, ada bukti serbuk sari yang diawetkan yang memperlihatkan bahwa selama lebih dari 50.000 tahun ada pelbagai tumbuhan yang dikenal dapat menyembuhkan manusia dan ada kaitanya pada tempat penyimpanan mayat. Salah satunya tumbuhan catmint (atau Catnip) dipercaya sebagai penyembuh perut mual atau dibagian perut, sedangkan rue diyakini ada unsur yang dapat meredakan rasa nyeri dan dapat digunakan sebagai param (bahasa jawa) atau suam (bahasa melayu), jika pemakaianya dalam jumlah yang berlebih ada dampak tersendiri atau bisa disebut efek samping.

 

Kesehatan Natural

Ada juga lukisan yang menggambarkan sebuah sosok yang mengenakan kulit rusa dan tanduk rusa. Lukisan ini berusia kira –kira 20.000 tahun kemungkinan ada menggambarkan seorang pengobat sedang menari atau sedang mengobati atau identik ritual pengusiran roh jahat dan penyakit.

Banyak pisau kuno (pisau bedah) yang dibuat dari tembaga, Perbagai pisau bedah dari peninggalan Mesir Kuno dan Mesotamia juga masih di arsipkan dijadikan sebagai bahan studi arkeologi dan musiom, pertanda kemajuan perubatan dimasa kelam hususnya yang dialami oleh bangsa Mesir. Alat alat tersebut di temukan guan

Kesehatan Natural

pembedahahan, untuk hitan dan mengiris atau melukai, mengiris luka kista, ini berjalan berabad-abad lamanya dilakukan oleh orang babailonia.
***
Pada beberapa penyembuhan Pengobatan tradisional, berhasil dan tidak pengobatan tidak terlalu tergantung pada caranya, yakni dengan cara menggunakan ramuan dan dengan cara pembedahan, tetapi dari kepercayaan mereka terhadap kepercayaan gaib Shaman (semacam dukun). Adakalanya seorang Shaman juga disebut ahli obat tradisional atau suka menggunakan ramuan (medicine man atau witch doctor ). Sedangkan pada Masyarakat menganggap penyakit disebabkan oleh kehadiran roh-roh jahat, shaman berkomunikasi dengan roh tersebut supaya meninggalkan tubuh pasien. Ada shaman, seperti “medicine man” ini dilakukan oleh suku Indian Amerika Utara, yang memiliki pengetahuan husus mengenai obat (herb), Mineral.

Dalam upacara-upacara shaman, tarian, mantra, dan semua yang diperbuatnya dalam upacara semacam itu, topeng dan bebrapa benda lain sering kali digunakan. Penelitian moderen menunjukkan bahwa pemunculan shaman, tarian, mantra, dan semua yang diperbuatnya dalam upacara itu amat mempengaruhi pikiran hingga mungkin menimbulkan pengaruh jasmaniah pada tubuh dan mungkin membantu penyembuhan.

Dibeberapa bagian negara Afrika Shamanistis dan belbagai upacaranya masih dilaksanakan hingga sekarang. Di Afrika kurang lebih dari 200.000 Peramu Obat, atao sangoma, menurut kepercayaan orang setmpat. Mereke mempelajari ilmu mereka dari Guru husus, Kendati di Afrika banyak sekali yang mempelajari ilmu tersebut, umumnya mereka meminta melindungi rakyat dari mala bahaya menyembuhkan yan g sakit, serta menyelesaikan masalah cinta. Dengan carapengobatan ini sudah memberlakukan dengan cara vaksinasi dan pengobatan.

Penyucian topeng kayu dari srilangka, Asia di anggap dari melambangkan Garayaka, yaitu setan dianggap mengacaukan keseimbangan keempat cairan dalam tubuh menurut ajaran Ayurvedha. Keseimbangan ini di dipulihkan melalui upacara “Tovil”. Dalam upacara ini, setan –setan tersebut diusir oleh para penari yang mengenakan topeng yang melambangan mereka.
Kalung Amulet (jiimat) dan hiasan badan yang lainya dianggap berkekuatan gaib, semua itu digunakan dan digunakan pakean untuk menangkal segala ruh jahat dan segala mala bahaya penyakit. Kalung amulet yang diperkirakan dimiliki orang tertentu ahli obat dan dimiliki oleh Suku Indian Apache, Amerika Utara. Kalung tersebut dibuat dari bahan tulang hewansalahsatunya dibagian gigi dan dimodifikasi sedemikian rupa.

Peramu obat diseluruh dunia hususnya darin montana, tradisi shamanisme sudah mulai hilang nahkan mulai punah. Dirilis dari aartis Amerika, George Catalin (1796-1872), Hal ini dihabiskan bertahun tahun untuk melacak dan mengabadikan untuk menulis dan mendokumentasikan berbagai macam perlengkapan; seperti alat, pakean-pakean,serta adat ynag dimiliki oleh Suku Indian Ameria Utara, Sepertinya Dukun blackfoot dan Montana pada tahun 1830 an ini.

Demikian sejarah kedokteran hususnya ilmu pengobatan moderen tidak bisa dilepaskan dari ilmu penobatan kelasik, pelbagai cara dan ilmu ini berkembang pesat yang selam ini didewakan oleh masyarakat sekarang, bahkan menjadi sebuah merubah mental dan keyakinan yang sudah menjadi sebuah dogma tersendiri husunya didunia kedokteran, sudah barang tentu seperti pada masa awal. Dengan jelas mereka sudah meninggalkan keyakinan lampau, atau bahkan mengingkari sejarah itu sendiri. Hal tersebut didorong dari pola perilaku dan kemjuan tehnologi seperti sekarang ini. Walaupun demikian ini akan bicra tentang bagaimana insting manusia dalam menangani penyakit yanh dideritanya.

Sumber : Jendela Iptek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *