Tumbuhan Herbal Untuk Penyembuhan

Tumbuhan Herbal Untuk Penyembuhan..Menyembuhkan penyakit dengan menggunakan tumbuhan atau herb merupakan pengobatan tertua dan sangat lama disepanjang sejarah. Sepertinya alamiah kehidupan, seekor hewan ketika sakit dengan penyembuhanya cukup simpel, karena keadaan dan kesediaan alam masih tersedia, hanya memakan atau mengunyah-ngunyah  tumbuhan yang masih muda bagian kuncup lalu di muntahkan, manusia juga secara alamiah dengan nalurinya juga akan merespon keadaan itu untuk penyembuhan pengeobatan ketika sakit.

Tumbuhan Herbal Untuk Penyembuhan..Adapaun banyak catatan-catatan mengenai pengobatan yang berasal dari Mesir, Babilonia, dan Cina, yang mendokumentasikan berbagai sepesies tumbuhan yang diyakini dapat menyembuhkan. Namun, nyatanya mempunyai keterbatasan. Bebrapa tanaman juga kesediaanya juga langka atau mempunyai musim tumbuh yang sangat pendek. Ternyata ada klasifikasi dan beberapa saja yang bisa efektif untuk memenuhi kebutuhan pengobatan dan penyembuhan, diantaranya akar (radix), daun, kulit, buah, yang dapat dijadikan serbuk, untuk ketersediaan pengobatan. Hasil olahan mereka adalah bubuk atau serbuk, teh seduhan,  param, minyak, aromaterapy, dan supositoria yang dimasukkan melalui dubur. Dari beberapa penelitian yang memperlihatkan bahwa ternyata banyak tumbuhan kuno mengandung sumber bahan obat yang sangat baik dan aktif.

Sejarah peradaban dan pemikiran serta  praktik pengobatan timur, mempunyai cerita yang sangat rumit. Kendati pengobatan timur mempunyai waktu, artinya tidak berubah dan tergerus oleh zaman, dan ada juga bukti yang berbagai dari hasil pemikiran lampau itu sudah ditinggalkan dengan cara yang bisa dikatakan cara kuno itu.

Tumbuhan Herbal Untuk Penyembuhan..Pengobatan di India, Ayurveda (sebuah ilmu pengetahuan yang bersinggungan dengan kehidupan) dimulai dari 2.400 tahun yang lalu , akan tetapi bentuk dasar Ayurveda yang dianut sekarang ini baru dibentuk sekitar 500 M, sebagian besar dari ajaranya diambil dari tulisan Caraka samhita dan Susruta samhita, yaitu karya pengobat Caraka (kurang lebih 1.000 SM) dan ahli bedah Susruta (diperkirakan 50 atao 450 M).

Sedangkan pengobtan Ayurveda, penyakit dipandang, Sebagai akibat tidak ada keseimbangan dan keselarasan tiga cairan utama dalam tubuh, yaitu cairan empedu, lendir, dan pernapasan. Dengan cara disembuhkan  menggunakan mineral, bedah, herbal, dan mantra serta pujian.

Kalao Negara Cina masih dicampurkan dogma pada keyakinan agama. Kemudian tabib atau ahli mengambil alih, banyak catatan arsip yang sangat penting berbagai cara dan ribuan pengobatan Cina,  seperti Huang Ti Nei Ching, dari tradisi mereka meyakini dari sumber dongeng seorang tokoh kaisar Huang Ti.

Tumbuhan Herbal Untuk Penyembuhan..Sejarah menyebutkan, pertama kali ditemukan oleh Antropolog Cina dalam catatan suku Cina Tao yang berasal dari 600 tahun sebelum Masehi. Sedangkan pengobatan secara modern sendiri baru berumur sekitar 200 tahun, namun telah mengalami perkembangan yang begitu pesat jika dibandingkan dengan pengobatan secara herbal atau alami. Oleh sebab itu dinilai sangat efektif sehingga dilakukan secara tradisi hingga sekarang.

Hal tersebut dikarenakan penelitian dan para ilmuan akademisi di bidang Tumbuhan Herbal Untuk Penyembuhan..pengobatan modern terus menerus dilakukan dengan didukung peralatan teknis yang semakin canggih dalam mendiagnosis suatu penyakit dan lain lain.

Para herbalis atau orang yang ahli, atau yang biasa disebut sinshe sudah sejak dahulu mengetahui cara mengukur tensi dan denyut nadi pasien tanpa menggunakan alat bantu. Untuk mendiagnosa atau memeriksa suatu penyakit, bisa mereka ketahui dengan melihat perubahan pada panca indra seperti mata, bibir, lidah, dan telinga.

Tumbuhan Herbal Untuk Penyembuhan..Dalam rangka pengobatan pasien yang sanagat apik, masyarakat Cina Tao hanya mengandalkan pemberian racikan herbal yang dibuat dari madu, tumbuhan, mineral, dan beberapa bagian tubuh hewan tertentu yang diyakini tanpa adanya proses yang rumit seperti operasi. Mereka juga menggunakan ilmu dan metode totok, akupunture, pijat dan lainya , sebagai salah satu upaya pengobatan dari luar.

Tumbuhan Herbal Untuk Penyembuhan..Sedangkan Di Indonesia, sejarah masuknya pengobatan dengan ilmu kedokteran modern baru terjadi pada saat penjajah Belanda harus menanggulangi wabah cacar pada abad ke-19. semenjak itu, berkembanglah ilmu kedokteran di Indonesia dengan didirikannya Sekolah Juru Cacar, Sekolah Dokter Jawa, disusul Sekolah Tinggi Ilmu Kedokteran, baik di Jakarta maupun di Surabaya dan berbagai daerah pelosaok yang lainya.

Sumber : Jendela Iptek dan diolah dari  berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *