Tips Menjaga Kesehatan Kuku dan Menjaga Kebersihannya

Tips Menjaga kesehatan kuku dan menjaga kesehatanya

Kuku yang panjang  bisa menjadi tempat sarang kuman. Sehingga akan berdampak di kesehatan manusia itu sendiri. Maka, membersikan secara rutin disela-sela kuku harus dilakukan,supaya bakteri tidak berkembang.

Banyak kalangan muda dan artis biasanya membiarkan kukunya berukuran panjang  biasanya dengan perawatan. Artinya tidak membiarkannya begitu saja. Ada yang dipoles dan ada yang di beri gambar dan warna agar kelihatan menarik.

Begitu juga menjaga kebersihanya di sela- sela jari tidak kalah pentingnya. agar tidak kelihaan jorok. Selain itu akan meminimalisir perkembangannya kuman dan sumber penyakit lainya yang berdampak pada kesehatan.

Secara alamiah, salah satunya manusia tidak bisa mengelak atau menolaknya terkait tumbuhnya kuku tersebut. Sehingga, ada yang membiarkan sampai berukuran panjang dan enggan memotongnya, karena dianggap sebagi seni tersendiri. Bahkan menjadi dambaan.

Ada juga yang merasa risih, maka kuku tersebut tidak diberi kesempatan tumbuh panjang, maka akan segera dipotong dengan gunting atau alat penjepit husus kuku. Biasanya merasa terganggu aktivitasnya dan merasa tidak pantas, serta terkesan jorok.

Bagi yang hoby kuku dalam memberikan warna biasanya ada dua pilihan. Ada yang secara alami dengan tumbuhan dan ada juga yang menggunakan warna sintetis. Menyesuaikan kesukaan masing-masing.
Tapi yang jelas tetep suka menjaga kesehatan kuku ya..!.

Merawat kesehatan kuku itu sangat mudah dengan meggunakan bahan kimia maupun alami. Biasanya pakek air sabun akan berfungsi melemahkan bakteri, Sehingga perkembanganya tidak begitu signifikan.

Selain itu, ada yang menggunakkan bahan alami seperti menggunakan air belimbing wuluh, air jeruk serta menggunakan mengkudu. Karena dengan herbal tersebut akan mengembalikan kuku kelihat bersih dan alami. Dengan tujuan agar terhindar dari noda dan kuman.

Bahan-bahan alami ini yang bisa di gunakan, yakni yang sudah tua atau yang masak. Dengan cara melumatkan bahan tersebut, lalu diperas. Kemudian airnya untuk membasahi kuku tersebut.

Waktu membersihkan ini sebaiknya 5-10 menit. Maka noda yang membandel akan terangkat. Maka hasilnya kuku akan kelihatan mengkilap. Jika hasilnya kurang maksimal sebaiknya menggunakan secara rutin dn menjaga kesehatan kuku.

Dalam dogama islam juga  dianjurkan, berdasarkan keterangan hadits dan beberapa literatur

“Barang siapa yang mandi pada hari Jumaat, bersugi (bersiwak), berwangi-wangian jika memilikinya dan memakai pakaian yang terbaik, kemudian keluar rumah hingga sampai ke masjid, dia tidak melangkahi orang yang sudah bersaf, kemudian mengerjakan sembahyang apa saja (sembahyang sunat), dia diam ketika imam keluar (berkhutbah) dan tidak berkata-kata hingga selesai mengerjakan sembahyang, maka jadilah penebus dosa antara Jumaat itu dan Jumaat sebelumnya,”(Riwayat Ahmad).

Sebagaiman dikatakan  Abu Hurairah R.A. bahwa, “Nabi Muhammad S.A.W. memotong kuku dan menggunting pada hari Jumaat sebelum baginda keluar untuk  mnunaikan sembahyang,”(Riwayat al-Bazzar dan al-Tabrani).

Tips Menjaga  Kesehatan Kuku NHC Center http://kosmetsovet.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *