Kiat Menerapkan Budidaya Serai Dari Negeri Jiran Sebagai Penghasilan Tambahahan

Kiat Budidaya Serai di Negeri Jiran

Kiat Budidaya Serai di Negeri Jiran. Seperti halnya yang di lakoni Ja’far Afif, pria kelahiran Rembang, Jawa Tengah, Indonesia ini, patut menjadi acungan jempol karena berbekal ketrampilan dan ketekunan. Dia mampu mendulang pendapatan tambahan dengan cara budidaya tanaman serai disela-sela ikut kerja majikan di sebuah perusahaan .

Tupoksi  menjadi TKI memang sesuai ijin Visa untuk menjaga ketertiban dan sesui besik ketrampilan untuk menjadi pekerja yang layak di Negeri jiran tersebut. Sehingga tak pelak itu akan menjadi sebuah keniscayaan.

Disela-sela kesibukan menjadi pekerja di perusahaan,  dan sisi lain  di luar kontrak kerja yang dilakoni, dia  harus sempatkan untuk menggarap lahan untuk menanam serai. Sudah pasti mendapatkan ijin dari sang Bos demi bisa mendulang kesempatan.

Tidak menampik kemungkinan di waktu yang senggang dia harus mengolah lahan kosong tersebut supaya bisa produktif dan bisa mendapatkan hasil tambahanya. Bisa disebut untuk mendapatkan uang jajanya. Meskipun begitu, itu merupakan trik kreatif dan patut dijadikan teladan sebagi pekerja tekun dan kreatif.

Masih teringat dengan ungkapan filosofis ini?, “Menanam Pasti Memanen,”  ungkapan ini seringkali dijadikan rujukan orang-orang Jawa dalam kehidupan keseharian. Dengan ungkapan tersebut sebagai motivasi untuk amalan baik di dunia  dan bisa diterapan di berbagai sendi kehidupan.

Bisa dikatakan, “Siapa yang menanam pasti menuai hasilnya,” . Hal itu siapa saja bisa menerapkan dan mepraktikkan di dalam kehidupan keseharianya, dan tergantung tanaman apa yang ditanam.

Oleh sebab itu, persiapan dan kecakapan segala mental untuk menghadapi persaingan salah satu kunci utamanya demi mendapatkan proyeksi  dan supaya mendapat peluang.

Walaupun demikian, menjadi pekerja ulet dan tekun yang akan menjadi modal utamanya. Seperti halnya yang dilakoni oleh pria asal Rembang tersebut(*)

Alasan Budidaya Serai

 Serai
Serai

Oleh sebab itu ada berbagai alasan untuk budidaya Serai di Negeri Jiran tersebut.  Serai  ini mempunyai nama , ilmiah, Serai (Cymbopogon Citratus) tanamana ini sangat baik untuk tumbuh di wilayah Asia Tenggara. Karena mudah untuk dikembangbiakkan meskipun dengan curah hujan tinggi. Tanaman ini bisa tumbuh baik karena  perawatan tanaman sangat mudah, serta gampang untuk dijual.

Serai ini mempunyai market yang sanagat apik dan mempunyai harga setabil, Karena hanya kalangan tertentu saja yang masih sebagian kecil membudidayakan. Sehingga,  rempah ini dihargai 3 Ringgit atau setara Rp 9.000/Kg dengan isi 15 potong serai bonggol.

Cara menanam serai

Menanan serai ini sangat mudah.  Agar mendapatkan hasil berlimpah dengan cara sebagai berikut;

Mempersiapkan lahan dengan cara dibajak, menyiapkan bibit  berupa bonggol yang masih ada akarnya. Melubangi lahan selebar 20×20 cm, lalu bonggol siap di tancapkan didalam lobang.  Setelah dua minggu bibit ditanam, menganjak tahap selanjutnya, memberi pupuk. Setelah itu, setelah 6-7 bulan serai siap dipanen.

Dalam masa tanam memang harus ada perawartan seperti penyiangan terhadap gulma. dan memberi perawatan pastesida agar tidak ada serangan penyakit dan virus yang dapat merusak perkembangan dan tumbuhnya serai tersebut.

Serai Sebagai Rempah Tambahan Masakan Merupakan Warisan Tradisional

Serai
Bonggol Serai

Di Indoneisa tanaman serai ini sangat familier.  Oleh orang lokal  digunakan sebagai tambahan bumbu memasak  seperti kare ayam. Karena  aroma yang ditimbulkan dari serai bisa menggugah selera para pecintai kuliner. Selain itu bisa mengurangai rasa anyir  dan Eneg pada daging. Oleh sebab itu para peramu kuliner, Koki  dan Juru masak sering menambahkan bonggol serai tersebut.

Selain itu juga sebagai warisan tradisi atau warisan tradisional sebagai salah satu bahan yang bermanfaat. Seperti di negara, Malesyia, Tailand dan Singapura. Tanaman serai ini sebagai tambahan bumbu memasak dan digunakan untuk tujuan kesehatan seperti digunakan campuran teh dan berbagai masakan lainnya.

Tanaman ini banyak kandungan zat yang bermanfaat bagi tubuh dan menyehatkan. Bisa menghangatkan badan, dan menghilangkan masuk angin. Selain itu bisa menumbuhkan berbagai gairah fitalitas tubuh.

Kandungan Zat Terdapat Dalam Serai;

Kandungan-kandungan yang bermanfaat terdapat tumbuhan serai antara lain : fe (zat besi), Antiseptik alami, Citral, Anti Inflamasi, Anti Oksidant, melancarkan BAB, dan banyak yang lainya. Aroma minyak atsiri yang ditimbulkan bisa menjadi minyak bermanfaat seperti untuk bahan minyak aroma terapi untuk melemaskan otot(*)

Diaolah dari sumber: Educare NHC Center

Wallohu a’lam

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *