Manfaat Legen Untuk Kesehatan Dan Cara Mengetahui Keaslianya

Legen Di hasilkan Dari Sadapan Pohon Bogor

Manfaat Legen Untuk Kesehatan Dan Cara Mengetahui Keaslianya. Legen adalah salah satu minuman yang dihasilkan dari getah siwalan (bogor), oleh orang Indonesia  mengambilnya dari bagian bunga (manggar) pada tumbuhan bogor, aren dan kelapa dengan cara disadap. Tumbuhan tersebut hidup dan tersebar di berbagai daerah  sperti di Jawa Timur; Tuban, Lamongan, dan Geresik. Sedangkan di Jawa Tengah; Rembang dan Pati, sebagian masyarakatnya meproduksi legen dalam sekala kecil, bahkan hari ini diambang kepunahan karena banyak yang di tebang dan digunakan keperluan industri.

Kalo hasil dari sadapan dari pohon aren juga disebut lira atau biasanya disebut dengan gula jawa. Akan tetapi melalui proses dan tahapan  yang sangat ketat. Selain itu dalam rangak tujuan hajad hidup dan permintaan pasar.

Asal Usul Nama Legend dan Filosofisnya

Sedangkan Legen dalam bahasa jawanya legi  atau bisa diartikan manis karena karena didalam komposisinya legen terdapat gula atau glokosa. Oleh petani bogor atau siwalan menyebutnya legen, bahkan ada yang menyebut dengan kalimat towak, dikarnakan sudah mengalami fermentasi dan berbau agak kurang sedap.

Jika menelisik asal mula penamaan dan sejarahnya memang banyak silang pendapat terkait filosofi legend dan towak tersebut. Namun persoalan tersebut tidak menjadi perdebatan, yang jelas legen “asli” bisa diminum dan menyehatkan.

Towak Oleh Masyarakat Lokal Dijadikan Minuman Kesehatan

Sedangkan towak diklem juga menyehatkan, karena bisa menghangatkan badan. Kenapa demikian, karena terdapat towak ada kandungan alcohol?. Jika diminum dalam sekala banyak maka akan terjadi mabuk seperti minum arak. Cuman masyarakat setempat meminumnya untuk tujuan menyehatkan badan, karena diklaim mengandung herbal dan tumbuhan tertentu yang bisa membangkitkan gairah tubuh. Biasanya masyarakat tersebut meminumnya dalam keadaan sudah jadi towak, sangat cocok diminum disaat lelah dan habis kerja berat.

Legen Sebagai Obyek dan Bahan Penelitian

Banyak berbagai kalangan akademisi berbondong-bondong untuk meneliti tumbuhan tersebut, guna dikembangkan lebih lanjut. Pasalnya minuman tradisionaal ini atau legen ini memang agak menarik menjadi potensi ekonomi yang menjanjikan karena kandungan terdapat didalam legen sangat kaya unsur untuk kebutuhan tubuh. Sepertihalnya mahasiswa-mahasiswa yang melakukan risert untuk memenuhi desertasinya atau dengan karya ilmiyah lain.

Sebagaimana mengutip pernyataan, Tn Hj Ismail Bin Ahmad dari Malesyia, “ Seandainya kalian tau akan akandungan herbal, maka kalian akan sanggup membayarnya meskipun dengan ketulan-ketulan emas,” Disampaikanaa dalam kuliyah di Bekasi Sequere, 2011 silam.

Memang getah bogor dan getah aren masuk dalam ruang lingkup herbal. Sebagian juga ada yang sudah mengembangkan bahan tersebut untuk dikeristalakan dengan tujuan mengawetkan bahan alam yang berasa manis itu.

Kandungan Air Legen

Banyak literature bahwa kandungan legen adalah sebagai berikut; Glukosa, Vitamin C dan B1, Mineral, Fosfor, PH 6,7-69, dan banyak yang lainya. Dari kandungan ini sangat mudah di serap oleh tubuh dan sangat baik untuk dijadikan penambahan gizi tubuh.

Manfaat Legen untuk Produksi Kreatif

Oleh kalangan tradisional legen yang dihasilkan dari bogor hanya dijadikan minuman kesehatan untuk masyarakat lokal. Sedangkan getah Aren selain dijadikana minuman, kebanyakan diproduksi menjadi gula Aren yang berwarna coklat, dengan harga yang cukup mahal dibanding gula biasanya.

Selain itu untuk jajanan dodol juga hasilnya sangat memuaskan disbanding menggunakan gula biasanya, karena aroma dan rasa yanga asangat has.  Dan bisa bertahan sangat lama, asal dalam proses memasaknya dengan baik.

Legen dan Gula Aren untuk Kesehatan  

Gula aren dan legen untuk keperluan kesehatan karena kandungan yang zat yang sangat kompleks sehingga sangat bermanfaat untuk tujuan penyembuhan penyeki masuk angin, defensiensi atau yin bisa disebut dalam keadaan dingin. Kenapa dapat menyembuhkan penyakit, karena, kandungan glukosa yang mempermudah proses penyerapan kedalam tubuh, sehingga legen tersebut membentuk anti body dan menangkal radikal bebas atau bakteri dan virus. Walaupun demikian hal tersebut bisa dijadikan imunitas supaya tidak diradang oleh radikal bebas.

Kalangan herbalis mengakaji dengan pendekatan farmakologi dan farmakodinamika, memang minuman yang satu ini sangat baik bagi kesehatan tubuh. Karena katagori herbal panas dan baik untuk defesiensi. Sifat herbal ini memang mentonikum atau menguatkanaa. Selain itu, kandungan yang terdapat dalam legen juga hampir sama dengan madu. Sehingga banyak kandungannya untuk tujuan medis atau kesehatan.

Biasanya masyarakat lokal jika mengalami darah rendah maka cukup memakan gula aren. Dengan cara dibuat seduhan seperti untuk wedang jahe atau campuran herbal yang lainya. Itupun masih dilakukan dengan sampai sekarang dengan cara turun temurun.

Legen Untuk Bahan Pembuatan M8 Atau Pembuatan Probiotik

Legen sebagai bahan dasar M8 atau bisa disebut dengan bio katalisator (untuk mempercepat reaksi fermentasi). Sepertihslnya untuk pembuatan pupuk dan pembuatan konsentrat. Untuk pakan ternak sapi maupun kambing, ini sudah di terapkan oleh sebagiaan masyarakat kita.

Bahan tersebut kesediaan yang sangat melimpah, juga bisa didapat dengan mudah dilingkungan masyarakat Indonesia seperti halnya yang sudah di paparkan diatas.

Perbedaan Legen Asli dengan Legen Palsu

Sering dijumpai penjual legen oleh masyarakat kita, sangat sukar untuk membedakan  mana yang legen asli dan mana yang palsu. Hal ini perlu dicermati oleh pembeli, jadi perlu pengetahuan dan ketrampilan husus untuk  mengenali legen yang asli  dengan legen yang sudah direkayasa tersebut. Oleh sebab itu demi kesehatan dan tidak ada madhorot terhadap konsumen maka sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu sebelum membelinya.

Ciri Ciri legen Asli

  1. Legen Asli yang jelas berwarna perak
  2. Legen yang bener dihasilkan dari sadapan bunga bogor dan siwalan
  3. Berasa manis, agak lengket
  4. Tidak bertahan lama, artinya mudah busuk dan berubah rasanya dalama hitungan jam.
  5. Warnanya keruh dan tidak tembus pandang oleh mata

Ciri-Ciri Legen Palsu

  1. Sedangkan yang legen yang sudah direkayasa akan bertahan dalam waktu yang sangat lama dn berwarna putih jernih, karena banyak kandungan zat tertentu.
  2. Akoholnya agak terasa.
  3. Berbau menyengat
  4. Tercampur air cucian beras
  5. Putih seperti batu kapur dan banyak endapan

 

Cara Mendapatkan Legen Asli Untuk Proteksi Diri Dari Bahan Palsu

Sebiknya membeli di petani langsung, itupun belum bisa menjamin keaslianya, Kenapa tidak ? karena kebanyakan para pedgang mengoplos dengan bahan tertentu supaya mendapatkan keutungan yang melimpah. Nah ini tidak mengeneralisir para produsen legen akan tetapi bagaimana  sebaiknya minuman tersebut  dijual apa danya kepada masyrakat agar bisa mendapatakan jaminan konsumen. Sehingga jaminan kesehatanya bisa dipertangung jawabkan.

Oleh sebab itu, kewaspadaan  dan sikap sekeptis terhadapa bahan makanan minuman  tersebut ataupun kewaspadaanya harus di tingkatkan supaya tidak ada hal-hal yang di inginkan. Karena banyak kalangan masyarakat kita ada yang menjual legen dengan mencampurkan zat-zat berbahaya salah satunya adalah zat pengawet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *