Artikel Nutrisi dan Gizi Ibu Mengandung (Hamil) NHC Center

Artikel Nutrisi dan Gizi Ibu Mengandung (Hamil) NHC Center. Membaca ilmu pengetahuan Gizi dan Nutrisi ibu yang sedang hamil merupakan hal yang tidak kalah  penting, yang memang harus dipenuhi sebagai pelengkap tentang pengetahuan tentang ilmu Gizi pada Ibu yang mengandung, sebab asupan nutrisi untuk janin dan Ibu sendiri harus baik untuk menjaga kesihatan dan pertumbuhan janin atau bayi itu sendiri.
Selama kehamilan berlangsung  Resiko akan kesehatan janin yang sedang dikandung dan ibu yang mengandung akan berkurang jika ibu hamil mendapatkan gizi dan nutrisi yang seimbang. Oleh karena itu, keluarga dan ibu hamil haruslah memperhatikan mengenai hal ini. Supaya terhindar dari hal yang diinginkan.

 

Apakah sudah membaca artikel penting ini ? Gizi atau nutrisi untuk ibu hamil kondisinya sama saja dengan pengaturan gizi mengenai pola makan yang sehat. Cuman saja, ibu hamil harus lebih hati-hati dalam memilih makanan karena mengingat juga kesehatan janin yang sedang di dalam kandungnya.Maka ilmu pengetahuan Gizi harus dipahami dan diterapkan bagi ibu hamil.

 

Kebutuhan Nutrisi dan Gizi pada ibu hamil

 

Artikel Nutrisi dan Gizi Ibu Mengandung (Hamil) NHC Center.Gizi dan Nutrisi ibu hamil merupakan hal penting yang harus dipenuhi selama mengandung berlangsung selama 9 buln.  Resiko akan kesehatan janin yang sedang dikandung dan ibu yang mengandung bisa diminimalisir jika ibu hamil mendapatkan gizi dan nutrisi yang seimbang dan cukup. Oleh karena itu, suport dan dorongan ibu yang sedang hamil haruslah mencermati mengenai ilmu ini dan persoalan lain.

 

Untuk pembahasan Zat Gizi atau nutrisi ibu hamil kondisinya sama saja dengan pengaturan gizi mengenai pola makan yang sehat dan menyehatkan. Walaupun demikian, ibu hamil harus lebih mawas diri dalam memilih dan memilah makanan karena mengingat juga kesehatan janin yang sedang dikandungnya.

 

Seiring kehamilan yang terus bertambah, makan bertambah pula kebutuhan gizi dan nutrisi ibu hamil, khususnya ketika usia kehamilan memasuki trismester kedua. Pada saat trimester kedua, janin tumbuh dengan sangat pesat, khususnya mengenai pertumbuhan otak dan susunan syarafnya.

 

Nutrisi dan gizi yang baik ketika kehamilan berlangsung sangat membantu ibu hamil dan janin selama 9 bulan itu. Tentunya ibu hamil dan janin akan tetap sehat. Selama kehamilan, kebutuhan nutrisi akan terus bertambah kebutuhan sepeti kebutuhan zat kalsium, zat besi, dan asam folat.

Maka, Ibu yang sedang  mengandung haruslah diberi suport supaya mengkonsumsi  makanan bergizi dan penuh Nutrisi, ditambah kontrol terhadap kenaikan berat badannya selama 9 bulan kehamilan berlangsung, idealnya berkisar antara 12-15 kilogram. Artikel Nutrisi dan Gizi Ibu Mengandung (Hamil) NHC Center

 

Artikel Nutrisi dan Gizi Ibu Mengandung (Hamil) NHC Center.Supaya perkembangan janin dengan apik, dan ibu hamil dapat menjalani hari-hari kehamilannya dengan sehat, makan yang harus dikonsumsi ibu hamil harus mengandung gizi sebagai berikut:

 

Zat Asam Folat. Bayi dalam kandungan membutuhkan asupan asam folat dalam jumlah banyak, guna membentuk sel pada sistem syaraf.  Periode selama trimester ke-1, bayi atau janin akan membutuhkan tambahan asam folat 400 Mkg/hari.

 

Jika janin mengalami kekurangan akan asam folat, maka hal ini akan membuat perkembangan janin menjadi tidak sempurna dan dapat membuat janin terlahir dengan kelainan seperti mengalami anenchephaly (tanpa batok kepala), mengalami bibir sumbing dan menderita spina bifda (kondisi dimana tulang belakang tidak tersambung).

 

Sedangkan  Asam folat dengan mudah didapat pada alam yakni yang bisa di dapat pada buah-buahan, beras merah dan sayur-sayuran dan banyak yang lainya.

 

Kalsium (K).  Zat ini yang bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan pembentukan tulang pada janin. Dengan adanya unsur kalsium yang cukup selama kehamilan, maka dengan harapan ibu hamil dapat terhindar dari penyakit osteoporosis. Sebab kalo kurang maka kalsium ibu akan diambil janin atu diserap pada prosesn kehamilan.

 

Susu dan produk olahan lainnya merupakan sumber kalsium yang baik, selain kalsium, susu memiliki kandungan vitamin lain yang dibutuhkan ibu hamil, seperti vitamin A, Vitamin D, Vitamin B2 vitamin B3 dan vitamin C. Selain dari susu, kacang-kacangan dan sayuran hijau merupakan sumber kalsium yang baik juga. Dari zat tersebut sangat mudah didapat dan banyak tersedia.

 

Artikel Nutrisi dan Gizi Ibu Mengandung (Hamil) NHC Center..Kalori. Selama proses mengandung konsumsi kalori haruslah bertambah dikisaran 300-400 kkal/hari. Baiknya, 55% kalori di peroleh dari umbi-umbian serta nasi sebagi sumber karbohidrat, lemak baik nabati maupun hewani sebanyak 35%, 10% dari protein dan sayuran serta buah-buahan bisa melengkapi. Kalori yang di dapat haruslah berasal dari sumber makanan yang bervariasi, dimana pola makan 4 sehat 5 sempurna harus sebagai acuannya

 

Protein. Zat ini dibutuhkan seorang ibu hamil dengan jumlah sekitar 60 gram/harinya, 10 gram lebih banyak dari biasanya. Protein bersumber dari, putih telur, tempe, daging, kacang-kacangan dan tahu.

 

Vitamin A.vitamin ini juga bermanfaat untuk imunitas dan pertumbuhan janin. Namun meskiun vitamin A sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, jangan sampai over dalam mengkonsumsinya, karena jika ibu hamil mengalami kelebihan vitamin A hal ini dapat membuat janin terganggu pertumbuhannya.

 

Zat Besi. Zat besi akan diperlukan pada saat kehamilan memasuki usia 20 minggu. Kebutuhan akan zat besi sebanyak 30 mg per harinya. Zat besi dapat bersumber dari hati sapi, kambing, daging atau ikan. Berfungsi di dalam pembentukan darah terutama pembentukan sel-sel darah merah hemoglobin dan meminimalisir resiko ibu hamil terkena anemia atau kekuranga darah. Dapat menyerap kalsium sehingga sangat berfungsi untuk membentuk dan pertumbuhan tulang bayi.

 

Vitamin C. Vitamin C sangat baik menjaga kesehatan gusi dan gigi. vitamin C juga melindungi jaringan dari organ tubuh dari berbagai macam kerusakan serta memberikan otak berupa sinyal kimia, hal terjadi karena vitamin C banyak mengandung antioksidan. Tubuh ibu hamil memerlukan vitamin C guna menyerap zat besi.

 

Vitamin D. Vitamin D dapat di dapat dari sumber makanan, susu, kuning telur atau hati ikan. Jika ibu hamil tidak mengalami berbagai macam gejala seperti anemia, gusi berdarah dan gejala lainnya, maka ibu hamil tersebut dapat dikatakan telah mencukupi kebutuhan akan gizi dan nutrisinya.

 

Artikel Nutrisi dan Gizi Ibu Mengandung (Hamil) NHC Center

  1. Diet pada Ibu Hamil

Diet ibu hamil:

  1. Pembatasan kalori, agar tidak berlebihan.
  2. Mencukupi unsur nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan seimbang.

 

Artikel Nutrisi dan Gizi Ibu Mengandung (Hamil) NHC Center.

 

Berikut beberapa tips untuk diet ibu hamil.

 

Artikel Nutrisi dan Gizi Ibu Mengandung (Hamil) NHC Center. Perbanyaklah konsumsi serat sayuran, hindari sayur bersantan. Ibu hamil butuh sekitar 30 gram serat sayur. Sebagai gambaran, setiap 100 gram sayur kangkung terdapat 1 gram serat, setiap 100 gram sawi hijau mengandung sekitar 1.2 gram serat. banyak kan kebutuhan ibu hamil. Yup, mencukupi kebutuhan serat, membantu ibu hamil terbebas dari obesitas saat kehamilan.

 

Untuk konsumsi lemak yang baik, alpukat yang mengandung omega-3. Alpukat itu mengandung lemak yang baik, kalo duren itu mengandung trigliserid yang lumayan tinggi. Sebagian orang menjauhi alpukat dan mendekati duren, kebalik itu.Perbanyak konsumsi ikan, boleh ikan laut atau ikan tawar. Ikan laut dan seafood itu berbeda, yang saya maksudkan adalah ikan laut ya.

Batasi asupan kalori. Makanan yang berkalori tinggi dan miskin nutrisi seperti krupuk, kripik, minuman bersoda, jajanan gorengan, junk food, dll sebaiknya dihindari. Pilih makanan yang bernutrisi dan rendah kalori.

Cukupi sekitar 50% kebutuhan energi protein harian anda. Karena protein membantu anda kenyang lebih lama dan membantu mengontrol keinginan ngemil anda.

Kacang ijo, labu siam, buah pepaya, itu baik untuk ibu hamil. Diet adalah manajemen makan, bukan mengurangi porsi makan. Setiap 100 gram labu siam mengandung serat sekitar 1.7 gram.

 

Labu siam ini sangat baik untuk lambung yang sensitif dan radang usus. Setiap 100 gram labu siam sudah mengandung sekitar 90-93 mcg asam folat. Ada yang mengatakan kebutuhan asam folat ibu hamil itu 400 mcg, tapi menurut saya sih, mantepnya itu 800 mcg. Nilai 400 mcg itu untuk wanita dewasa yang tidak hamil. Sedangkan sayuran brokoli, alpukat, bayam kaya akan asam folat. Nutrisi yang sangat penting untuk ibu menyusui diantaranya: asam folat, selenium, omega-3

 

Rutin melakukan olahraga selama masa kehamilan, seperti berjalan kaki, senam.

Menyusun menu dengan gizi seimbang. Nah untuk yang ini, anda harus punya teman diskusi yang paham tentang konsep diet gizi seimbang.

 

Yang harus dialkukan adalah sarapan pagi. Sarapan adalah jadwal makan paling utama, dan usahakan tidak terjadi terlambat sarapan. Jika Terlambat sarapan akan mengurangi manfaat sarapan pagi. Sarapan pagi yang bernutrisi, bukan sekedar kenyang. Untuk makan siang boleh dengan menu mengenyangkan. Menu mengenyangkan dan menu terbaik adalah 2 hal yang berbeda.

 

Setelah melahirkan, seorang ibu hamil tetap harus berusaha menurunkan berat badannya dengan cara yang sehat. Dan, luar biasa-nya adalah aktifitas menyusui dalam sehari itu bisa membakar sekitar 500 kalori, jika diakumulasi dalam sebulan setidaknya bisa turun 2 kg. Jika terjadi kebalikannya (berat badan naik), sebaiknya kita lihat bagaimana pola makan kita selama menyusui, adakalanya kita melakukan hal yang keliru dan kita tidak menyadarinya.

Sumber: healthywhy.blogspot.com./www.nhccenter.com/dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *