Bekam (Hijamah)

Bekam (Hijamah)

Bekam adalah salah satu metode penyembuhan dari sakit dengan metode pengeluaran darah setatis, dari pembuluh balik (vena) atau dipermukaan kulit dengan cara dilukai dengan jarum, pisau bedah, dengan kaidah klinis. Melalui diagnosa medis dan klinis untuk menentukan titik sasaran, mengacu pada anjuran pada Siroh Bukhori Muslim dan perpaduan Science. Melalui disiplin ilmu Kesehatan yang sangat ketat, serta dilakukan pada seseorang yang mempunyai kualifikasi dan ahli dalam bidang Trapis Bekam yang sangat ketat, sehingga menjauhkan malapraktik yang merugikan.

Bekam Basah

Ada beberapa jenis Bekam yang diamalkan para profesionalisme atau ahli dalam bidang tersebut. Ilmu tersebut dipercayai Masyarakat dunia diantaranya, Mesir Kuno, Cina, Jazirah Arab, Nusantara, Indonesia, dan Negara di Asia. Jenis-jenis bekam dibawah ini.

Bekam Basah

Jenis bekam basah, biasanya adalah dilakukan pembaalan dan dilakukan pengeluaran darah dengan kaidah yang sesui medis dengan pertimbangan diagnosa dan penyakit tertentu yang harus dikeluarkan darah setatis pada pembuuh balik. Dengan memperhatikan seterilisasi alat supaya tidak terjadi infeksi pada perlukaan yang dilakukan. Setelah dilakukan perlukaan, lalu darahnya di keluarkan sampai selesai, sang terapis memberi herba luka pada bekas sayaatan luka ringan pada bekas bekam tersebut.

sumber : PBI

Baca Juga : http://nhccenter.com/tag/bekam-tuban/

Bekam Kering

Jenis bekam kering ini sudah lumprah dilakukan oleh masyarakat, secara tradisiaonal. Bekam ini sangat umum dijumpai oleh masyarakat Indonesia untuk menyembuhan penyakit, masuk angin dan lain lain. Dalam bekam kering ini tidak ada pengeluaran darah atau tidak dilakukan penyatan, hanya saja dilakukan pembaalan atau dilakukan koop. Sehingga darah tidak keluar. Tandanya kulit akan melebam berwarna merah, dan ini dilakukan untuk mengeluarkan angin. Memang dalam teknik ini meregangkan pori sehingga ada penarikan angin. Manfaatnya meringankan kondisi tubuh. Memang kurang efektif dibanding bekam basah. Oleh sebab itu dengan bekam kering ini sebaiknya dilakukan bekam basah.

Bekam Kering

Bekam Medis dengan Kaidah Klinis

Jenis bekam ini biasanya dilakukan oleh sang terapis yang sudah menempuh pendidikan husus dan memadukan keilmuan tertentu dan ada keterpaduan dengan anatomi fisiologis, Diagnosa, dan lain lain. Sehingga praktik ini sangat di terima oleh masyarakat mderen maupun masyarakat melenial. Tak heran kalangan artis dan para pejabat beralih dari pengobatan kimia untuk beralih  ke penyembuhan bekam. Dalam kali ini, mereka menyembuhkan penyakit dengan ilmu patologi dan dilakukan secara teliti dan apik. Mereka memperhatikan dari segi yang sangat komplek, penuh dengan etika medis, penangan husus, serta meperhatikan seterilisasinya berdasarkan sop Dinas kesehatan.

Praktik ini dilakukan secara etika, menjaga privasi pasien dan memberi kenyamanan. Selain itu peralatan dilakukan seteriliasi sesuai Setandart Oprasional (Sop) dan layak praktik. Dengan pertimbangan kesehatan  manusia dan jauh dari mencari keuntungan bisnis.

Bekam Tradisional

Jenis bekam tradisional ini adalah salah satu metode bekam dari warisan leluhur pada waktu silam. Sebagian ada yang masih bersikukuh menggunakan alat yang belum moderen, bisanya menggunakan tanduk, bambu, dan cawan. Yang jauh dari kaidah medis. Sehingga masih diragukan dalam seterilisasi. Namun metode hampir sama, yang membedakan alat. Sebagian juga secara alat dan metode sudah dimodifikasi dengan apik dan aman dari klinis maupun medis.

Bekam Seteril

Jenis bekam seteril ini adalah salah satu bekam yang memang sama dengan bekam klinis, biasanya memberi penekanan bahwa yang dilakukan pembekaman secara aman dan jauh dari kuman. Karena mereka mengimplementasikan ilmu klinis, salah satunya dengan menggunakan alat yang apik, menggunakan akohol dan sangat jauh dengan hal-hal yang memberi potensi penularan.

Mereka mengamalkan kebersihan dan seteril alat. Dengan pertimbangan untuk penyakit yang berpotensi menular pada darah yang diambil. Maka dengan cara alat tersebut hanya satu orang, alat husus. Sedangkan untuk penyakit ringan yang tidak berptensi menular alatnya hanya dilakukan seterilisasi menggunakan klorin, dan Alkohol dengan kadar yang setandart.

Sedangkan jarum, pisao bedah, atau alat sayat hanya diprioritaskan untuk satu orang saja. setelah itu bekas limbah dilakukan pengelolaan yang sangat ketat supaya tidak terjadi penulran pada kehidupan.

Bekam Metode Nabi Muhammad

Metode bekam nabi sangat apik dan banyak dilakukan oleh masyarakat dunia dengan kaidah-kaidah atau refrensi yang sudah pakem, salah satunya adalah bekam pada titik yang tepat, waktu yang tepat, serta menerang kemanfaatan pada tubuh. Kebanyakan metode ini sangat rigit diterangakan didalah Siroh Buhori Muslim yang merujuk pada hadist Nabi Muhammad Saw.

Banyak kajian sperti  Buku Athibunnabawy, dan banyak pembahasan secara kompleks terkait bekam. Seperti praktik Bekam di NHC Center menggunakan metode ini, serta memadukan ilmu Barat, Cina, dan lainya. NHC Center sudah bergerak sejak tahun 2011 silam yang sudah mendapat lisensi dari ABI. Sehingga praktiknya Insya Alloh tidak meragukan lagi, justru kenyamanan diberikan.

Bekam dan Manfaatnya Untuk Hipertensi.

Bekam sangat cocok untuk penyembuhan seseorang yang mempunyai riwayat Hipertensi. Biasanya dilakukan dengan pendekatan klini, medis dan perpaduan refrensi metode nabi. Sehingga insya Alloh dengan kajian anatomi fisiologi dan patologi,serta diagnosa. Maka hasilnya akan lebih terasa.

Hipertensi biasanya identik dengan penyakit kardiofaskuler, meliputi jantung, pembuluh darah, ginjal, dan darah. Etelah dilakukan pendekatan diagnosa sang trapis akan mengatuhi gejala yang ada, dengan dilakukn pengambilan darah yang tepat tensi akan turun sepontan.

Apakah bertentangan medis? tidak.  Karena jauh lebih efektif, kalo dilogikan bahwa pembuluh darah terjadi penyempitan  dengan lemak atau darah mati yang mengumpal pada vena, secara tidak langsung akan mempengaruhi kinerja detak jantung. Seain itu akan terjadinya setrok.

Bekam tidak ada Efek Samping

Bekam jauh dari efek samping, jelas bahwa dalam keadaan ekses atau Yang Hiper solusi medis maka harus diturunkan. Maka dengan cara bekam atau mendetoksifikasi Yang atau ekses atau Hipertensi menggunaka bekam atau mengurang darah yang setatis ndan lemak jahat  yang mengendapa pada darah.

Secara efek samping ini biasanya dilakukan secara ngawur dan tidak tepat. Maka dianjurkan para pasien untuk bekam pada orang yang sudah profesional dan ahlinya. Banyak orang-orang yang sembuh dengan Bekam.

Dengan demikian itu reviw terkait bekam. Oleh sebab itu banyak tulisan dan refrensi bekam yang harus diketahui oleh semua Masyarakat dunia. Kenapa ? bekam adalah salah satu metode yang sangat aman dan apik. Untuk masyarakat islam biasanya sudah mulai meninggalkan penyembuhan yang kimia. Demi kesehatan jangka lama.(*)

NHC Center : 

Baca Juga : Alamat Bekam di Tuban  Hubungi 082 335 085 688

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *