Penerapan Metode Bekam NHC Tuban dengan Perpaduan Sains Moderen

Penerapan Metode Bekam NHC Tuban dengan Perpaduan Sains Moderen

NHC Center Tuban- Dengan langkah tertatih, Pengamal terapi Bekam NHC Center, menyambut masyarakat dalam misi membangun Titik Balik Peradaban, dengan selogan NHC Center Solution For Life, adalah salah satu pengamal metode penyembuhan Athibun Nabawy, salah satunya adalah ilmu, atau metode Bekam (Hijamah), Tuban, Jawa Timur, Rabu (2018).

Baca Juga terkait : Metode Bekam NHC Tuban 

Penyembuhan Bekam merupakan metode pengobatan Sains yang sangat lama. Dalam A Cup of History di sebuah situs cuppingtherapy.org yang dikelola Asosiasi Terapi Bekam Internasional (ICTA) disebut, Penyembuhan ini tertera di tulisan hieroglif Mesir sejak 3.500 tahun silam selain itu juga merujuk di Buku Athibun Nabawy.

Sedangkan di Negara Tiongkok, Cina,  salah satunya ahli herbal Ge Hong yang hidup pada kurang lebih tahun 281-341 silam  mereka mengamalkan bekam menggunakan tanduk hewan yang dimodifikasi secatra tradisional. Namun bicara asal muasal bekam masih sumbang.

Baca Juga : Metode Bekam NHC Tuban 

Kalau perkembangan  penyembuhan Bekam di Negara Afrika, Eropa, Timur Tengah, hingga Asia Timur diklaim seiring migrasi manusia. sedangkan istilah Di Indonesia, bekam terkenal dengan  istilah cantuk, di Jawa disebut kop atau kopan (Sunda), sanggrah (Betawi), dan tangkik atau batangkik (Sumbawa). Dari perbedaan itu tidak ada masalah, justru Sains menjadi apik dalam perkembangannya di indonesia.

Memang prinsip Bekam  adalah mendetosifikasi darah setatis dan darah kotor yang mengandung zat toksin dari dalam pembuluh darah. Biasanya untuk mengeluarkanya  melalui penyayatan kulit terluar dengan ukuran sangat tipis dan terukur, seperti gigitan nyamuk atau semut. Proses menggunakan gelas bekam (kop) itu biasanya dilakukan pemvakuman pada permukaan kulit tertentu (bekam kering/Api) dan diikuti pengeluaran darah dari tubuh bisa disebut bekam basah.

Pengetahuan Ilmu Bekam, Ada yang mengatakan, Maraknya bekam di Indonesia tak lepas dari visi misi sebagian umat Islam mempraktikkan metode pengobatan zaman Nabi Muhammad atau Ahibbun Nabawi dan biasanya dipaduka dengan herbal. Bisa jadi meneruskan peradaban Nusantara.

Pengetahuan Ilmu Bekam, Berbagai modifikasi dan keberlangsungan  metode dan ilmu bekam oleh para ahli kedokteran Muslim seperti Ibnu Sina,  menjadikannya tersohor di negara Baghdad, Irak, kisaran abad ke-10. Sedangkan di Eropa dan negara Perancis salah satunya, kisaran  di abad ke-18, bekam dengan cara di hisap dengan hewan lintah. Namun, di akhir abad ke-19, itu mengalami kontroversi. Oleh Dokter masa itu menilai pasien yang dibekam jadi lemah, karena tidak seteril dan mudah infeksi oleh bakteri yang dibawa hewan lintah itu, akibat tidak steril dan kurang higinis.

Justru ,  metode  dan ilmu bekam tidak sepenuhnya ditinggalkan oleh bangsa Barat dan dunia.  Di Olimpiade Rio 2016, perenang AS, Michael Phelps, dan atlet senam AS, Alex Naddour, menunjukkan lingkaran-lingkaran merah bekas bekam di tubuhnya. Sudah pasti mereka mengembangkanya, Pengetahuan Ilmu Bekam. Metode Bekam NHC Tuban.

Kutipan dari Metode Bekam NHC Tuban: dipercayai dan diyakini meningkatkan elastisitas dan rentang gerakan, serta memulihkan fungsi otot pada tubuh manusia. Banyak teknik pemulihan energi pada tubuh dan lainya diantaranya: pijat olahraga, mandi es, sauna, hingga baju kompresi dan banyak yang lainya. “Bekam banyak membantu mengurangi rasa sakit sehingga lebih ekonomis,” kata Naddour, dikutip USA Today, 9 Agustus 2016.

Sejumlah selebritas dunia, seperti diwartakan BBC, 9 Agustus 2016, juga percaya diri menunjukkan bekas bekam, antara lain Gwyneth Paltrow, Justin Bieber, dan Victoria Beckham. Juga agaknya fsama Metode Bekam NHC Tuban.

 

Pengetahuan Ilmu Bekam. Bekam diyakini juga bia menyembuhkan rasa nyeri karena masalah otot, insomnia, asam urat, gangguan kesuburan, tekanan darah, hingga irama jantung.

Ada juga  seorang Profesor Emeritus dari Departemen Pengobatan. Pengetahuan Ilmu Bekam, Komplementer Universitas Exeter, Inggris, Edzard Ernst, mengatakan, praktik bekam aman. Namun, klaimnya belum ada uji klinisnya, Metode Bekam NHC Tuban.

Sedangkan dilansir dari  Farmakolog Universitas College London, David Colquhoun, menarik sedikit kulit dalam pembekaman tak akan berpengaruh apa pun pada otot. Seperti tertulis dalam Sain engajaran Bekam, Asosiasi Bekam Indonesia (ABI), manfaat bekam memang lebih banyak di lakukan oleh kalangan penyembuhan di Timur Tengah. Metode Bekam NHC Tuban.

Kelemahanya Studi itu agaknya kurang perhatian untuk dipublikasikan di jurnal-jurnal kedokteran Barat. Merujuk risert oleh  Saad A Al Saedi dari Universitas King Abdulaziz, Jeddah, Arab Saudi, Molecular Aspects of Cupping Therapy: Relationship to Immune Functions in Patients with Chronic HCV Infection, 2005, menerangkan bahwa, bekambeberapa kali mendongkrak respons imun dan menurunkan upaya  replikasi virus dalam darah pada  pasien hepatitis C  yang sudah kronik dan akut. Akan ada solusi Pengetahuan Ilmu Bekam.

Salah satu manfaat bagi daya tahan tubuh juga dibenarkan oleh salah satu dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi di  salah satu RS Hermina Jatinegara, Jakarta, Ida Narulita Dewi. “Kalangan medis membuktikan bekam meningkatkan sebagian respons imunitas tubuh hingga meningkatkan kekebalan tubuh melawan gangguan tubuh,” ujarnya.

Sangat logis Bekam juga menurunkan tensi Hipertensi dan zat kolesterol jahat pada penderita obesitas atau kegemukan. Detosifikasi darah itu juga akan meminimalisir kadar zat besi dalam darah hingga meminimalisir risiko jantung pada pembuluh darah baik vena maupun arteri.

Baca Juga Metode Bekam NHC Tuban : http://nhccenter.com/2018/05/bekam-hijamah-di-tuban-sekilas-bekam-apasih-bekam-itu/

Namun, seperti ditulis Metode Bekam NHC Tuban dalam Manfaat Terapi Bekam Menurut Perspektif Medis dan Non Medis, 2018, toksin bisa dikeluarkan melalui ekskresi, sekresi. Melalui olahraga dan lain lain. Bekam salah satu upaya mengeluarkan zat yang tidak dicerna tubuh.

Memahami bekam melalui ilmu Patologi dan Anatomi modern terus dilakukan. Dokter, Terapis, akademisi dan tenaga kesehatan lain mulai merengkek mempelajari dan melihat. Bahkan, beberapa kajian dokter itu, kini jadi rujukan terapis bekam, diantaranya oleh dokter Wadda’ A Umar dari Lamongan, penulis buku Sembuh dengan Satu Titik, atau Achmad Ali Ridho di Semarang, penulis Bekam Sinergi. Dan beberapa ilmuan lain.

Dan ahirnya Metode  penyembuhan bekam kini mengalami perkembangan yang apik dan lengkap. Tak hanya mengandalkan ilmu dan metode yang diwariskan terapis bekam masa lalu, tetapi juga memadukannya dengan ilmu kedokteran modern serta kedokteran tradisional Negara Tiongkok.

Oleh sebab itu,  segala usaha dan upaya kajian ilmiah  metode bekam yang selalu dituntut dalam ilmu kedokteran modern untuk pelayanan berbasis bukti dan logis. Harus di genjot Metode Bekam NHC Tuban untuk menjawab tantangan zaman.

 

Diolah dari berbagai sumber : NHC Center/ kompas.com /Bekam, Tradisi, dan Sains Modern/  Buku Metode Pengobatan Al rosululloh dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *